Salam sejahtera bagi calon jamaah umroh Jogja semuanya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai biaya umroh Jogja. Pada umumnya calon jamaah umroh Jogja bahkan Indonesia, pada saat melihat brosur paket umroh Jogja, pasti yang pertama di cari adalah berapa biaya umroh Jogja tersebut.

 

Biaya Umroh Jogja yang Masuk Akal

Terus berapa sih biaya umroh Jogja yang wajar?, untuk mengetahui jawabannya Anda bisa membandingkan dengan rekomendasi Kemenag tahun 2018. Kemenag menyarankan biaya umroh 2018 paling murah dengan fasilitas minim sekitar 20 juta dan itu berangkat dari Jakarta.

 

Kemudian pada bulan September 2019, ada peraturan baru dari Pemerintah Saudi yang memberlakukan visa berbayar sehingga ada penambahan biaya visa dan proses pengurusannya. Penambahan biaya visa berbayar ini kurang lebih sampai 2 jutaan daripada sebelumnya.

 

Bagaimana jika Anda berangkat dari Jogja?

 

Jika Anda berangkat dari Jogja, Anda masih perlu tambahan tiket domestik PP untuk calon jamaah Jogja. Penambahan biayanya sekitar  1 s/d 1,6 juta. Ditambah dengan handling service dan perlengkapan umroh dari travel umroh Jogja sekitaran 1 juta. Selain itu ada tambahan lagi untuk penambahan fasilitas dan pelayanan supaya jamaah umroh Jogja lebih nyaman dan Aman. Penambahan biaya sekitaran 500 ribu s/d 1 juta.

Kesimpulan: jika biaya umroh Jogja diatas dijumlah, plus tambahan visa 2 jutaan, Biaya umroh Jogja (all-in) sekitar 23 s/d 25 juta. Biaya umroh Jogja tersebut khusus bulan biasa diluar bulan Ramadhan.

 

Biaya Paket Umroh Jogja Nabawi Mulia

 

Pada umumnya, Biaya paket umroh Jogja antara :

 

Paket umroh Jogja (Hemat): 23 s/d 25 jutaan

Paket umroh Jogja (Reguler): 27 s/d 29 jutaan

Paktet umroh Jogja 5 (VIP): 30 s/d 34 jutaan

 

Catatan: Biaya umroh Jogja tersebut sudah termasuk tambahan visa terbaru.

 

Jika Anda sudah mengetahui standar biaya paket umroh Jogja, tahap selanjutnya adalah mencari travel  umroh Jogja yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Rekomendari travel umroh Jogja bisa Anda lihat disini.

 

Banyak yang tergoda biaya umroh jogja yang tidak wajar.

 

Maraknya calon jamaah umroh yang tertipu dengan travel umroh yang menawarkan biaya paket umroh yang tidak wajar. Padahal sudah banyak kasus penipuan berkedok paket travel umroh dengan biaya yang tidak masuk akal. Mungkin karena terlalu mudah percaya dan kesiapan dana umroh yang belum mencukupi, bisa jadi hal ini dijadikan sebagai alternative.

 

Hindari Paket Travel Umroh Terlalu Murah

 

Dari awal kami sudah menyarankan untuk tidak mengambil resiko besar untuk memilih paket umroh dibawah biaya standar. Hal ini dapat berakibat pada pelayanan yang didapat sangat kurang, ibadah umroh menjadi kurang fokus, atau bahkan terlantar di Tanah Suci hanya gara-gara memilih paket umroh yang hanya berbeda beberapa juta saja.

 

Perkiraan Rincian Biaya Umroh Jogja.

 

Jarang sekali travel umroh Jogja memberikan rincian biaya umroh Jogja. Jadi jika Anda tidak bisa dapat rinciannya dari travel umroh Jogja dari brosurnya, Anda bisa melihat ini sebagai referensi.

Berikut perkiraan rincian biaya umroh Jogja :

 

  1. Tiket Pesawat ke Arab PP 12 s/d 13 juta
  2. Tiket Dalam Negeri PP 1,5 s/d 2,5 juta
  3. Sewa Kamar Hotel (quard) 1,8 s/d 2,5 juta
  4. Konsumsi catering sehari 3x 1,2 juta
  5. Visa Umroh 600 ribu
  6. Akomodasi Tour Lead 700 ribu
  7. Sewa Bis AC untuk ziarah 750 ribu
  8. Jasa Handling Bandara 500 ribu
  9. Manasik & Pembimbingan 500 ribu
  10. Jasa Guide atau Muthowiff 300 ribu
  11. Koper & Perlengkapan 500 ribu
  12. Fee & Admin Biro (5-10%) 1 s/d 2 juta

 

Estimasi Total Biaya Umroh Jogja  sekitar   Rp 22 – 24 juta.

 

Biaya umroh Jogja paling hemat sekitar 22 s/d 24 juta. Jadi saat Anda menemukan travel Umroh Jogja mematok biaya jauh di angka tersebut Anda harus hati-hati.

 

Pembahasan Mendalam Biaya Umroh Jogja.

Ibaratnya ada biaya, ada rupa. Semua fasilitas dalam paket umroh berkaitan dengan besaran biayanya. Pada umumnya semakin mewah fasilitas hotel, pelayanan dan transportnya, maka biaya paket umroh Jogja tersebut akan semakin mahal. Berikut pembahasan biaya umroh Jogja:

 

1. Tiket Pesawat dan Domestik dari Jogja.

Saat ini, tiket pesawat dari Indonesia ke Arab Saudi PP biasanya berkisaran di 12 s/d 13 juta dengan pesawat kelas ekonomi. Dari tiket pesawat saja besarnya sudah mencapai 60% dari biaya umroh yang dikeluarkan. Biasanya Travel umroh Jogja akan memberangkatkan jamaah umroh dari jogja menuju Jakarta sebagai titik temu dan kumpul. Biaya tikt pesawat PP Jogja-Jakarta sekitar Rp 1,5 jutaan.

Untuk perjalanan umroh, penerbangannya terdapat 2 macam, yaitu rute langsung ke Madinah atau Jeddah, dan satunya lagi transit ke negara lain dulu baru ke Arab Saudi. Biasanya biaya tiket pesawat yang langsung ke Madinah akan lebih mahal sekitar 14 – 16 jutaan.

2. Sewa Hotel

Travel umroh Jogja biasanya sudah punya langganan hotel yang digunakan untuk menampung jamaah mereka. Jadi akan berbeda akomodasi hotel antara satu travel umroh dengan travel umroh lainnya. Pada paket umroh hemat biasanya hotel yang digunakan adalah hotel bintang 3.

Biaya sewa kamar hotel standar biasanya 750 ribu – 1,1 juta untuk 1 malam di sekitaran Masjid Nabawi Madinah. Di Madinah tidak ada masalah dengan jarak hotel karena semua hotel mayoritas berjarak sangat dekat, hanya 100-200 meter saja, dari Masjid Nabawi.

Sedangkan di Mekkah sendiri, hotel bintang 3 sewanya 950 ribu – 1,6 juta semalam. Umumnya hotel melimpah di sekitaran daerah Ajyad dan juga Misfalah.

tetapi beda dengan Madinah, kalau di Mekkah jarak hotel agak jauh, bisa 500 meter s/d 1 KM.

Jadi dengan umroh selama 7 hari di Arab Saudi, minimal jamaah perlu ditampung di hotel Madinah 3 hari lalu Mekkah 4 hari. Estimasinya total biaya kamr hotel jadi 1,5 s/d 2,5 juta untuk quard atau sekamar berisi empat orang.

Yang membedakan dengan hotel berbintang 5 atau bintang 4 disamping biaya sewanya adalah jaraknya ke masjid. Hotel bintang 5 & 4 ini berjarak lebih dekat, disamping itu juga pelayanan yang diberikan lebih baik dan fasilitas lebih mewah.

 

3. Konsumsi Catering

 

Untuk biaya catering selama perjalanan umroh 7 hari perkiraan sekitar 1 s/d 1,5 juta. Khusus untuk paket umroh hemat, penyajian makanan prasmanan dengan menu khas nusantara sehingga cocok dilidah jamaah umroh Jogja.

 

4. Visa Umroh

Biaya pembuatan visa umroh sekitar US$40 sampai US$45. Besarnya biaya pembuatan visa juga dipengaruhi dengan bulan keberangkatan. Contohnya di bulan Ramadhan, biaya pembuatan visa akan lebih mahal dan waktu pembuatannya juga akan semakin lebih lama.

 

5. Akomodasi Tour Leader/Pembimbing

Travel umroh selalu menugaskan Tour Leader untuk membawa dan memimpin rombongan jamaah selama perjalanan umroh. Biaya untuk tiket, sewa kamar, dan konsumsi Tour Leader sudah termasuk dalam paket umroh 20 jutaan dari Jakarta, jika di rinci sekitar 600 – 700 ribu.

 

6. Sewa Bis AC untuk Ziarah

Untuk perjalanan lokal dan ziarah di Arab Saudi maka jamaah disediakan satu bis AC. Dalam 1 rombongan bis, cukup untuk menampung paling banyak 48 jamaah.

Biaya untuk 1 bus AC biasanya estimasi 800 ribu jika dibagi 45-an jamaah dalam satu rombongan. Biaya sewa itu sudah meliputi semua rute ziarah di Madinah-Mekkah-Jeddah.

 

7. Layanan Handling Bandara

 

Biaya jasa layanan handling sekitar 500 – 750 ribu per jamaah. Tetapi tidak semua travel umroh Jogja menyediakan layanan ini. terlebih untuk paket umroh jogja yang terlalu murah.

 

8. Manasik dan Bimbingan

Salah satu jasa pelayanan paling penting dan dirasakan jamaah adalah pembimbingan ibadah umroh dengan penyelenggaraan acara manasik teori maupun praktek. Selain itu juga konsultasi ibadah bagi yang membutuhkan.

 

9. Jasa Muthowiff atau Guide

 

Diperlukan minimal 1 orang muthawif dalam satu rombongan yang tugasnya mendampingi jamaah selama tour dan dalam prosesi ibadah. Besaran biaya jasa ini dipengaruhi oleh kehandalan, kecekatan, dan yang pasti pengalaman.

Besarnya biaya untuk menyewa jasa Muthowiff sekitar 250 – 400 ribu untuk mendampingi full selama seminggu.

Biasanya, muthowiff ini adalah orang Indonesia yang dipercaya dan ditugaskan oleh travel umroh untuk mendampingi jamaah.

 

10. Koper dan Perlengkapan Umroh

 

Travel umroh Jogja akan menyediakan perlengkapan umroh mencakup koper, tas jinjing, mukena, baju ihrom, seragam batik, dan lainnya. Pemilihan warna dan bentuk berbeda antara travel umroh satu dengan yang lainnya agar mudah dikenali. biasanya, besarnya biaya untuk perlengkapan umroh sekitar 1jutaan. Pilihlah travel umroh dengan kualitas yang bagus seperti Nabawi Mulia Jogja.

 

11. Administrasi dan Fee Biro Travel

 

Administrasi disini adalah semua hal yang diperlukan jamaah umroh dalam administrasi akan ditangani oleh pihak travel umroh, mulai dari membantu buat paspor jamaah, menerbitkan visa di Kedubes, mengelola ticketing ke maskapai, dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu biasanya biro menambahkan biaya administrasi dan besarnya biaya sekitar 5-10% dari total keseluruhan biaya paket umroh yang diambil.

Jika Anda berencana menunaikan ibadah Umroh, travel umroh Jogja Nabawi mulia merupakah salah satu travel umroh terbaik saat ini. untuk informasi lebih lanjut bisa Anda lihat disini.

 

×