Pengertian dan Manfaat Manasik Haji – Manasik Haji merupakan tata cara atau tuntunan untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan rukun, wajib, dan sunnah haji dengan menggunakan miniatur Ka’bah dan dilaksanakan sebelum calon jamaah berangkat ke tanah suci. Dengan kata lain, Manasik Haji adalah sebuah pelatihan tentang pelaksanaan Ibadah Haji secara menyeluruh yang wajib diikuti oleh calon jamaah. Pada proses Manasik Haji, calon jamaah akan mempelajari bagaimana melakukan niat sebelum melaksanakan haji, apa saja aturan pelaksanaan haji, apa saja yang tidak boleh dilanggar selama melakukan haji agar ketika pulang dapat menjadi haji yang mabrur.

Selain materi secara teori, Manasik Haji juga mengajarkan bagaimana caranya menggunakan kain Ihram. Terdapat perbedaan pada kain Ihram untuk laki-laki dan kain Ihram untuk wanita. Pakaian ihram bagi laki-laki adalah 2 lembar kain yang tidak berjahit yang dipakai untuk bagian bawah menutup aurat dan kain yang satunya lagi diselendangkan. Sedangkan pakaian wanita ihram adalah menutup semua badannya kecuali muka dan telapak tangan (seperti pakaian ketika sholat). Warna pakaian Ihram disunahkan berwarna putih.

Selanjutnya dalam proses Manasik Haji calon jamaah akan melakukan praktik ibadah secara langsung. Setiap tempat Manasik Haji selalu memiliki kawasan simulasi seperti Ka’bah, tempat lempar Jumrah dan lain sebagainya. Calon jamaah akan diajarkan urutannya secara benar sampai melakukan Tahalul atau memotong rambut setelah melakukan sa’i. Selain diberikan kepada calon jemaah haji, manasik haji biasanya diajarkan pada anak-anak di sekolah. Pada momen Ramadan dan pesantren kilat, banyak sekolah mengadakan acara ini untuk memberikan gambaran secara umum dari praktik ibadah haji.

Manasik Haji dilakukan untuk dapat memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji mengenai tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci Mekkah. Tujuan diadakannya Manasik Haji adalah untuk mempermudah calon jamaah Haji dalam memahami tentang ibadah haji baik secara teoritis maupun praktis sehingga diharapkan dapat menjadi calon jamaah Haji yang mandiri dan dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar.

Manasik Haji dalam prosesnya memberikan manfaat kepada calon jamaah Haji. Adapun manfaat dari pelaksanaan Manasik Haji adalah sebagai berikut:

  1. Calon jamaah Haji dapat mengetahui tentang doa-doa sunnah mulai dari keluar rumah untuk melaksanakan ibadah haji sampai kembali ke Indonesia dari Mekkah
  2. Calon jamaah Haji dapat memahami mana yang wajib, rukun, sunnah, dan haram saat melaksanakan ibadah haji.\
  3. Calon jamaaah Haji dapat mengetahui gambaran umum dari kondisi Mekkah dan Madinah yang harapannya dapat berguna untuk persiapan ibadah haji nantinya.
  4. Caon jamaah Haji dapat saling mengenal antara jamaah satu dengan jamaah lainnya sehingga saat di Mekkah dapat saling membantu satu sama lain.
  5. Calon jamaah Haji dapat menggunakan Bahasa Arab yang sehari-sehari digunakan karena pada saat Manasik Haji calon jamaah diajarkan Bahasa Arab sehari-hari untuk percakapan ringan di Mekkah nantinya.

Kegiatan Manasik Haji bukanlah kegiatan yang membebani pikiran. Manasik Haji merupakan kegiatan menyenangkan dimana calon jamaah mendapatkan ilmu sekaligus teman. Dalam melaksanakan kegiatan Manasik Haji tentunya tidak dianjurkan terlalu banyak bercanda dan harus memperhatikan setiap petunjuk yang diberikan agar dapat memahami dengan benar bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah haji yang baik dan benar.

Sampai saat ini Manasik Haji telah dan masih dipraktekan atau diterapkan disekolah guna memberikan pemahaman kepada siswa tentang tatacara melakukan ibadah haji.

Sekian uraian mengenai pengertian dan manfaat dari Manasik Haji. Semoga mmapu memberikan pengetahuan baru dan bermanfaat untuk kita semua.

×