Ini 7 Alasan Bagi Anda Yang Masih Muda Untuk Segera Mengunjungi Tanah Suci – Bagi sebagian besar anak muda menganggap berkunjung ke tanah suci identik dengan masa tua. Berkunjung ke tanah suci sering luput dijadikan kategori destinasi impian semasa muda, dijadikan prioritas kesekian untuk dikunjungi setelah traveling ke tempat-tempat impian lain di seluruh dunia.

  1. Ke Tanah Suci bukan Cuma soal Niat, tapi juga Stamina yang kuat

Masa muda adalah masa-masa produktif bagi setiap orang. Stamina dan tenaga pun masih kuat. Perjalanan ke tanah suci bukan hanya soal niat dan ibadah saja. Perjalanan dari Indonesia ke Mekkah dan ke Madinah cukup panjang dan menguras tenaga. Faktor iklim yang berbeda antara iklim di Indonesia dengan iklim di Arab Saudi juga menjadi kendala. Cuaca yang sangat panas di siang hari dan sangat dingin di malam hari memerlukan daya tahan tubuh dan stamina yang kuat untuk melaluinya. Runtutan rukun-rukun ibadah (haji dan umroh) juga membutuhkan stamina yang kuat karena merupakan ibadah yang memerlukan ketahanan fisik, seperti bolak-balik Bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali ketika Sa’i, mengelilingi Ka’bah ketika Thawaf, belum lagi harus berdesak-desakan demi menyentuh dan mencium Hajar Aswat. Dengan stamina yang masih melimpah dan semangat khas anak muda akan membuat ibadah terasa lebih mudah.

 

  1. Tenagamu dapat membantu orang lain

Usia muda tentunya memiliki konsidi tubuh yang prima. Keuntungan ini akan membuka lebih banyak kesempatan untuk melakukan amalan-amalan ringan, seperti membantu orang lain yang membutuhkan bantuan. Akan sering kamu temui orang-orang berumur di tanah suci yang memiliki semangat beribadah tinggi. Pada umumnya, kondisi mereka tidak lagi fit untuk menjalankan rukun-rukun ibadah yang berupa kegiatan fisik seperti sa’i dan thawaf. Kamu yang masih sehat dan prima bisa menyalurkan energi positifmu dengan mambantu mereka.

 

  1. Saat yang tepat menentukan pilihan jalan hidup

Masa muda tentunya memiliki banyak keinginan dan ambisi. Masa depan hanya Allah SWT yang tahu. Masa depan yang baik akan terus menjadi harapan bagi setiap umat. Berdoa kepada Allah SWT langsung di Baitullah dapat kamu lakukan untuk memperoleh ketenangan hati dan mencurahkan segala harapanmu. Di baitullah kamu dapat berdoa di depan Ka’bah dan menyentuh Hajar Aswad yang dipercaya sebagai tempat maqbul untuk berdoa.

 

  1. Galau soal jodoh? Kunjungi Jabal Rahmah

Di masa muda, hal yang paling membuat bimbang hati adalah perkara jodoh. Tentunya setiap insan ingin segera mendapatkan jodoh yang bisa setia mendampingi. Nah, pergi ke tanah suci adalah upaya terbaik untuk memohon perkara jodoh. Kamu dapat berdoa kepada Allah SWT meminta jodoh yang terbaik di Jabal Rahmah. Jabal Rahmah merupakan sebuauh bukit yang dipercaya sebagai tempat bertemunya Nabi Adam As dan Siti Hawa di muka bumi.

Jabal Rahmah, tempat pertemuan Nabi Adam a.s dengan Siti Hawa (credit : nasional.news.viva.co.id)

  1. Kamu bisa melihat contoh nyata konsistensi ibadah setiap hari di Tanah Suci

Kamu akan mendapatkan banyak ilmu dalam perjalananmu di tanah suci. Disana, keimanan seorang muslim dapat tercermin dari setiap kegiatannya sehari-hari. Contoh yang paling mudah ditemui yaitu pedagang-pedagang di tanah suci akan menutup tokonya dan meninggalkan barang dagangannya untuk sementara pada setiap adzan shalat berkumandang. Hal ini menunjukkan bahwa setiap rejeki adalah dari Allah, dan akan berkembang selama tidak meninggalkan perintah Allah.

 

  1. Perubahan positif akan kamu alami

Perjalananmu di tanah suci akan semakin membuatmu sadar bahwa manusia adalah setitik kecil yang tidak ada apa-apanya dari luasnya ciptaan Allah. Kamu akan semakin bijaksana dalam menyikapi hidup dan pilihan-pilihan hidup.

 

  1. Buat masa mudamu lebih bermanfaat

Masa muda penuh dengan rasa keingintahuan yang tinggi. Mayoritas anak muda gemar akan petualangan. Dengan berpetualang ke tanah suci, kamu akan mendapatkan lebih banyak manfaat. Tidak hanya beribadah, namun juga mengunjungi lokasi-lokasi yang penuh sejarah perjuangan Islam.

 

Dari penjelasan diatas, semoga memberikan motivasi lebih bagi Anda untuk menyegerakan melakukan ibadah haji. 🙂

×