Menunaikan ibadah Haji dan Umroh tentunya menjadi impian bagi setiap umat Muslim, tetapi banyak sekali yang menjadi kendala untuk menjalankan Umroh ini. Salah satu contohnya adalah kendala biaya.

Apakah ada cara yang halal dan cepat agar Anda bisa menunaikan ibadah umroh tahun depan? Jawabannya adalah bisa.

Saat ini bukan hanya liburan saja lho yang bisa dilakukan dengan gaya ala backpacker, Umroh pun bisa menggunakan gaya backpacker yang murah meriah ini.

Berbeda dengan ibadah Haji, Umroh bisa dilaksanakan kapan saja, alias lebih fleksibel waktunya. Dengan demikian, Anda tidak harus ikut jadwal Umroh dari agen tour and travel.

Dengan cara umroh backpacker ini Anda dapat meminimalkan biaya yang dikeluarkan untuk ibadah umroh. Tentunya Umroh dengan cara backpacker jauh lebih murah meski dalam pelaksanaannya juga memerlukan persiapan yang matang.

Jika Anda tertarik melaksanakan perjalanan ke tanah suci dengan biaya minim, simak beberapa tips mudah berikut ini:

1 Pengurusan Paspor dan Visa

Agar Anda dapat melaksanakan ibadah Umroh dengan lancar, maka hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah paspor dan visa.

Bagaimana cara agar bisa mengurus paspor dan visa dengan murah?

Untuk paspor, Anda bisa mengajukannya secara online sehingga Anda hanya perlu ke kantor imigrasi untuk pengambilan foto.

Untuk mendapatkan visa perjalanan umroh Anda bisa mendapatkan di agen travel yang berizin remi. Anda bisa mangajukannya pada beberapa travel agent terdekat  tanpa harus menggunakan jasa perjalanan mereka. Untuk membuat visa ini Anda akan dikenakan biaya kurang lebih US$100 tergantung agen travel yang Anda gunakan. Untuk mendapatkan visa dengan harga murah anda bisa membuatnya pada low season ibadah umroh.

Agar murah meriah, hindari menggunakan jasa pembuatan instan dengan calo. Dengan demikian, Anda bisa pergi dengan tenang dan murah.

2 Membeli Tiket Perjalanan.

Selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah mendapatkan visa dan paspor adalah membeli tiket perjalanan menuju Jeddah.

Tips agar bisa memperoleh tiket murah meriah adalah dengan memilih waktu di low season. Selain itu, jangan ragu dalam mencari promo tiket murah dari berbagai penerbangan.

3 Mencari Akomodasi yang Terjangkau

Untuk mempersiapkan akomodasi yang diperlukan saat ibadah umroh disarankan mempersiapkannya saat masih di Indonesia. Anda dapat memilih dan membandingkan harga dengan santai sehingga sesampainya di Jeddah Anda bisa langsung check in tanpa perlu repot-repot mencari hotel. Untuk mendapatkan hotel yang terjangkau Anda bisa memilih hotel yang tidak terlalu mewah namun nyaman. Tetapi jangan memilih hotel yang murahan yang akan membuat Anda tidak nyaman.

Untuk memperoleh harga yang hemat, Anda dapat memilih penginapan murah yang lokasinya agak jauh namun tetap bisa dijangkau dengan kendaraan tertentu dan tidak menghabiskan banyak waktu.

4 Membuat Jadwal dengan Baik

Jadwal sangatlah penting apabila Anda ingin bepergian secara backpacker. Hal ini bisa meminimalkan waktu dan biaya lho!

Misalnya saja, jika Anda berjalan-jalan tanpa jadwal, Anda bisa saja menghabiskan waktu dengan asal-asalan sehingga tidak bisa memaksimalkan ibadah Umroh tersebut.

Selain itu, tanpa jadwal, Anda juga tidak akan tahu harus mencari makan di mana, tinggal di mana, dan sebagainya.

Hasilnya malah Anda mungkin akan memilih sembarang hotel dan restoran yang ternyata harganya mahal.

Terakhir, membuat jadwal perjalanan juga akan meminimalkan nyasar dan penggunaan transportasi berlebihan. Dengan jadwal dan lokasi yang sudah jelas, transportasi akan lebih mudah dan murah.

Disarankan untuk membuat jadwal dimana aktivitas dalam lokasi yang berdekatan dikumpulkan dalam satu hari. Hal ini akan meminimalkan rasa lelah dan biaya transportasi.

5 Bepergian dalam Rombongan

Daripada menunaikan ibadah Umroh sendirian, lebih baik Anda mencari komunitas Umroh backpacker agar bisa bepergian dalam rombongan.

Mengapa bepergian dalam rombongan bisa menguntungkan?

Tentu saja dengan membeli dalam jumlah banyak, Anda bisa memperoleh harga lebih murah.

Contohnya apabila Anda membeli tiket perjalanan via travel agent, Anda bisa mendapatkan diskon apabila memesan dalam jumlah besar.

Ditambah lagi, kini sudah ada paket tour yang disebut Land Arrangement (LA), yakni fasilitas akomodasi dan transportasi yang disediakan oleh travel agent Umroh. Kelebihannya yaitu kita berhak mengatur detail perjalanan sendiri.

Nah, umumnya Land Arrangement ini dikenakan syarat dengan minimal peserta sebanyak 20 orang. Sehingga akan lebih baik jika Anda bisa mengumpulkan 19 peserta di luar diri Anda sendiri.

Anda bisa menunaikan ibadah Umroh dengan jadwal sesuka hati. Namun, ada bantuan akomodasi dan transportasi dari travel agent. Kelebihannya lagi, biayanya biasanya cukup terjangkau alias murah!

Dengan merencanakan ibadah Umroh ala backpacker, Anda bisa menghemat banyak uang.

Biaya Umroh yang dilakukan selama 9 hingga 12 hari umumnya berkisar antara Rp20 juta hingga Rp30 juta. Dan pada tahun 2017 diperkirakan melebihi Rp40 juta dengan asumsi kurs USD ke rupiah adalah sebesar Rp13.400.

Cukup besar bukan? Bagi Anda yang sudah lama mengidam-idamkan menunaikan ibadah Haji ini, jangan cemas dulu. Dengan bepergian ala backpacker, Anda bisa memperoleh harga jauh lebih murah, yaitu berkisar Rp10 juta hingga Rp13 juta saja.

Tetapi bagi Anda yang tidak mau repot menyiapkan hal-hal diatas tetapi tetap ingin menjalankan ibadah umroh, Nabawimulia punya solusinya. Nabawimulia menawarkan paket perjalanan umroh dengan harga terjangkau dan pastinya amanah. Paket-paket hemat nabawimulia bisa Anda lihat disini.

×