Cinta Tanah Air, Calon Jemaah Haji Lakukan Upacara HUT RI-72 Rasa nasionalisme dapat dilakukan tanpa memandang usia dan tempat. Hal tersebut yang dilakukan oleh para jemaah haji dalam rangka merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2017 lalu.

Walaupun jauh dari tanah air, calon jemaah haji tetap menggelar upacara bendera sederhana di Arab Saudi. Upacara dilakukan di beberapa tempat, dua diantaranya adalah Mekah dengan dipimpin oleh Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Mekah, Nasrullah Jasam, dan Kasir Perlindunga Jemaah, Kolonel Rijal Kani. Upacara berlangsung kidmat, serta lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya juga dinyanyikan saat upacara berlangsung. Disamping itu, doa dan dzikir juga dilakukan dalam prosesi upacara yang dihadiri oleh calon Jemaah haji dari Jakarta Timur.

Semarak kemerdekaan juga dirasakan oleh jemaah lain yang berada di Hotel Abraz Al Wihdah, Pasalhnya, lobby hotel tersebut diubah menjadi ruangan untuk melaksanakan prosesi upacara. Sejumlah Jemaah dari berbagai daerah seperti Yogyakarta, Surakarta, Palembang, Kalimantan Selatan, dan Jakarta turut menyemarakkan upacara HUT RI-72.

Sahriman, ketua kloter dri Embarkasi Banjarmasin, didaulat menjadi komandan upacara. Tugas ini membuatnya terharu dan memberikan kesan mendalam karena selain menjadi komandan upacara, ia juga melakukan upacara di negeri orang lain.

“Awalnya ingin memperingati Hari Kemerdekaan hanya dengan jemaah anggota kloter saya saja yang berasal dari Banjar, tapi malah dapat undangan dari Sektor 9 untuk melaksanakan upacara bendera” imbuh Sahriman.

Adapun lokasi lainnya yang turut serta dalam penyelenggaraan upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72, yaitu di Madinah. Para jemaah dan petugas pendamping haji juga melakukan upacara bendera yang digelar sederhana. Upacara bendera dilakukan  di lobi kantor Daker Madinah dimana Kepala Daerah Kerja  Madinah, Amin Handoyo, menjabat sebagai inspektur upacara pada prosesi tersebut.

Tidak kalah dengan perjuangan Jemaah haji di Arab Saudi yang menyelenggarakan upacara di negeri orang, bagi jemaah Indonesia yang bersiap di asrama haji untuk menunggu giliran berangkat juga berpartisipasi dalam upacara bendera menyambut Hari Kemerdekaan RI. Upacara juga digelar di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya dengan peserta upacara mencapai 250 orang jemaah. Upacara menjadi berbeda karena merupakan usulan dan inisiatif dari para Jemaah itu sendiri. Sementara itu, Markus Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Jatim menjelaskan bahwa persiapan upacara juga seadanya, latihan yang dilakukan juga menjelang pelaksanaan upacara dan dilatih oleh anggota TNI dan Polri.

Upacara dilaksanakan secara kidmat dengan dpimpin oleh Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), serta Mayor Adm Yuniar Budiharto, Kadis Personel Lanud Juanda TNI AU, sebagai komandan upacara. Ditambah dengan calon Jemaah haji sebagai peserta yang seragam mengenakan batik khas haji membuat suasana upacara menjadi lebih hidup.

Tidak luput dalam upacara tersebut dipanjatkan doa dan syukur. “Pertama, bersyukur dapat Tentang Kami. Kedua, bersyukur karena bisa upacara” ucap Yuniar.

×