Kurma adalah buah dari timur tengah. buah yang manis dan mungil ini direkomendasikan oleh sebagian besar dokter sebagai asupan bergizi. Kurma juga disunnahkan oleh Rasulullah sallalahu alaihi wasalam untuk makan dalam jumlah ganjil. Tetapi, buat teman-teman yang terkena penyakit diabetes, apakah kurma aman untuk dikonsumsi? nabawimulia akan rangkum penjelasannya di bawah ini ya.

Kandungan Gula Pada Kurma

Makanan manis kadang-kadang menjadi momok untuk penderita diabetes, hal ini wajar karena asupan gula dalam tubuh penderita diabetes harus dijaga. para penderita diabetes saat memakan kurma harus memperhatikan kadar gulanya, hal ini penting agar kandungan gula yang ada pada kurma tidak mengganggu kadar gula darah tubuh penderita diabetes.

Berdasarkan US Departement of Agriculture, satu buah kurma ukuran sedang setara dengan 7 gram memiliki kandungan gula sebesar 4,5 gram gula. Angka tersebut tentu cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lain, sehingga konsumsi kurma harus sangat dijaga bagi penderita diabetes. Lalu bagaimana caranya?

Cara Tepat Mengatur Konsumsi Kurma Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar konsumsi kurma tidak memengaruhi kondisi kesehatan penderita diabetes adalah dengan mengetahui kebutuhan gula penderita diabetes, mengontrol jumlah konsumsi kurma dan memilih jenis kurma yang tepat. Ketiga hal tersebut dapat diatur dengan cara:

Ketahui dengan tepat kebutuhan gula penderita diabetes

Seperti yang Anda ketahui, penderita diabetes harus mengontrol asupan gula dalam tubuhnya. Hal ini tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu berat dan tinggi badan, aktivitas fisik setiap harinya, kondisi kesehatan tubuh, dan riwayat penyakit diabetes.

Batasi jumlah mengkonsumsi buah kurma

Jika berdasarkan rata-rata kebutuhan gula penderita diabetes dan juga kandungan gula pada kurma, maka penderita diabetes bisa mengonsumsi kurma kurang lebih 3-4 butir setiap satu hari.

Kalau penderita diabetes ingin mendapat khasiat dari buah kurma, kami sarankan lebih baik mengonsumsi sari kurma. 

Pilih kurma yang tepat

Ternyata pemilihan jenis kurma yang tepat juga penting bagi Anda penderita diabetes. Ahli kesehatan dan gizi mengatakan bahwa kurma yang baik adalah kurma yang masih segar, tingkat kematangannya pas sehingga bentuknya tidak terlalu keras maupun terlalu lembek.

Kurma yang bertekstur lembek atau berair biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi karena terlalu matang.

Nah, sudah tahu kan mengenai cara mengkonsumsi buah kurma bagi para penderita diabetes? Walaupun memang benar bahwa kurma baik bagi tubuh, tapi Anda juga harus mengontrol kadarnya jika mengidap penyakit diabetes. Tentu penderita diabetes dan bahkan juga bagi setiap orang harus tetap menjaga kandungan gizi dalam tubuh, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur.

×