5 Tempat Wisata Menarik Di Arab Saudi – Negara Saudi Arabia tidak hanya terkenal karena adanya Ka’bah sebagai kiblat ibadah umat Islam. Negar a ini juga terkenal akan budaya dan sejarah Islamnya yang kental. Setiap umat muslim tentunya berkeinginan berkunjung ke Baitullah, baik untuk ibadah haji, umrah maupun berwisata. Saudi Arabia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang dapat Anda datangi, mulai dari wisata religi, wisata kuliner, wisata sejarah, hingga wisata belanja. Berikut ini 5 tempat wisata menarik yang dapat Anda jadikan tujuan wisata Anda di tanah suci dan sayang untuk dilewatkan.

  1. Mada’in shaleh

Seperti kita ketahui, Arab Saudi memiliki kondisi geografis gurun pasir, sehingga bentuk bangunan diwilayah tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Mada’in Shaleh menjadi salah satu tempat wisata dengan eksotisme bangunan dan makna sejarahnya. Mada’in Shaleh merupakan sebuah kota kuno di utara Hejaz yang dapat Anda tempuh dari Kota Al- Ula sekitar 25 km. Untuk menuju Mada’in Shaleh Anda harus melewati pintu masuk pemeriksaan yang ada di Kota Al-Ula. Di lokasi ini Anda dapat menemukan sisa- sisa  peradaban Kaum Tsamud dan Nabatea yang hidup di antara zaman Nabi Nuh dan Nabi Musa. Kota kuno ini memiliki luas 4.010 hektar dengan 131 monumen pemakaman dari batu. Mada’in Shaleh juga menjadi tempat pertama di Arab Saudi yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Aturan dan penjagaan di kawasan ini sangat ketat. Jadi pastikan bahwa Anda tidak melanggar aturan yang diterapkan.

Mada'in Shaleh tempat peradaban kuno kaum Tsamud dan Nabatea

Mada’in Shaleh tempat peradaban kuno kaum Tsamud dan Nabatea

  1. Tayma

Tayma merupakan sebuah oase besar di bagian timur laut Arab Saudi. Di tempat ini Anda dapat menemui bekas – bekas permukiman Yahudi. Dalam catatan sejarah, Tayma merupakan permukiman makmur kaum Yahudi dengan bangunan – bangunan megah, sumur, dan sumber airnya. Dari Kota Madinah Anda dapat menuju arah utara sejauh kurang lebih 400 km, dan apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Tabouk, Tayma berjarak kurang lebih 264 km ke arah tenggara Kota Tabouk.

Tanah makmur Tayma yang pernah menjadi permukiman kaum Yahudi

Tanah makmur Tayma yang pernah menjadi permukiman kaum Yahudi

  1. Dumat Al Jandal

Dumat Al Jandal merupakan kota kuno yang terletak di Provinsi Al Jaws, 37 km dari Sakakah. Di lokasi ini Anda dapat menemukan Masjid Umar bin Khattab. Distrik Al – Dar’i termasuk dalam area Dumat Al Jandal yang merupakan distrik terbesar dan tertua dengan arsitektur bangunan yang unik.

Kota kuno Duma Al-Jadal

Kota kuno Dumat Al-Jadal

  1. Jabal Al-Lawz

Jabal Al- Lawz sangat sayang bila Anda lewatkan. Jabal AL Lawz merupakan sebuah gunung yang berlokasi di sebelah barat laut Saudi Arabia dekat perbatasan Yordania. Gunung ini memiliki tinggi 2.580 meter di atas permukaan laut. Kelebihan dari tempat ini yaitu keberadaan flora dan faunanya yang cantik dan unik, salah satunya Anda dapat mengamati burung surga dan botani Eden. Anda juga dapat melakukan tracking untuk memacu adrenalin Anda.

Jabal Al-Lawz

Jabal Al-Lawz

  1. Al- Ula

Al – Ula merupakan sebuah situs kota kuno yang berlokasi di barat laut Saudi Arabia. Kota ini berumur lebih dari 2.000 tahun dan pernah menjadi pusat perdagangan. Ketika memasuki Kota Al – Ula, Anda akan merasa memasuki suasana ribuan tahun lalu. Ratusan gunung bebatuan tampak seperti dipahat dan diukir mengelilingi kota dengan sangat indah. Reruntuhan bangunan dari tanah liat tanpa bahan semen dan batu akan banyak Anda jumpai di kota ini. Daya tarik lain dari kota ini yaitu Anda dapat melihat hilal (bulan) dari tempat yang paling strategis.

Pemandangan di Al Ula

Pemandangan di Al Ula

Di kota Al – Ula Anda dapat menginap di Hotel Arac yang berlokasi tepat di balik gunung bebatuan alami. Hotel ini menjadi primadona bagi para turis karena suguhan pemandangannya yang menakjubkan.

Pemandangan di Al Ula

Pemandangan di Al Ula

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut? Anda bisa menyempatkan untuk mampir saat melakukan perjalanan haji atau umroh di tanah suci.

Semoga artikel ini bermanfaat.

×