Nabawimulia.com – Salah satu jenis sayur yang sudah akrab ditelinga masyarakat Indonesia adalah mentimun. Mentimun merupakan salah satu hidangan yang biasanya dijadikan lalapan. Banyak manfaat yang dimiliki mentimun. Sayur ini baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Untuk informasi yang lebih lanjut tentang sayuran satu ini, silahkan membaca dengan seksama.

Mentimun Untuk Kesehatan

Sejak zaman Rasulullah SAW sayuran satu ini telah dijadikan sebagai bahan untuk kesehatan. Orang-orang yang hidup dimasa itu biasa menggunakan mentimun dengan mengkombinasikannya dengan kurma segar. Cara ini diyakini efektif untuk menjaga kesehatan. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW sering melakukan hal tersebut.

Dari Aisyah RA bersabda bahwasanya: “Rasulullah sering makan mentimun dicampur dengan kurma basah.” (HR. Tirmidzi)

Selain digunakan untuk menjaga kesehatan. Kombinasi Mentimun dan Kurma dapat meningkatkan berat badan. Bentuk tubuh yang tadinya kurus akan menjadi lebih berisi.  Didalam sebuah hadits disebutkan bahwa Aisyah RA ketika hendak dipertemukan dengan Rasulullah SAW, beliau diberi kombinasi mentimun dan kurma basah. Karena ketika itu tubuh Aisyah RA kecil dan kurus.

Aisyah berkata: “Ibuku mengobatiku agar aku kelihatan gemuk, saat dia hendak mempertemukan aku dengan Rasulullah, dan usaha itu tidak membuahkan hasil sehingga aku memakan mentimun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk yang ideal.(Riwayat Ibnu Majah)

Mentimun atau yang dikenal dengan Qitsa’ atau Khiyar memiliki nama ilmiah cucumis sativus. Mentimun telah disebutkan dalam ayat suci Al Quran. Di dalam Surat Al-Baqarah : 61

Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: “Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya”. Musa berkata: “Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik ? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh apa yang kamu minta”.

Banyak kandungan penting didalam mentimun. Diantaranya 2,2% karbohidrat, 0,65% protein, 0,1% lemak, zat besi, fosforus, vitamin B1, vitamin C, kalsium, magnesium, vitamin A dan vitamin B2.

Mentimun bersifat mendinginkan. Bila anda mengalami demam dengan suhu badan tinggi, alangkah baiknya anda meminum jus mentimun ini. Selain itu, mentimun dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan melancarkan saluran pencernaan.

Mentimun Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, mentimun memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk kecantikan. berikut beberapa kasiat mentimun untuk kecantikan.

Menghilangkan Mata Panda

Irisan mentimun yang ditaruh di bagian kelopak mata ketika terpejam. Akan menghilangkan noda hitam pada kantung mata akibat kurang tidur.

Masker Mentimun

Sedangkan Mentimun yang sudah dihaluskan kemudian dijadikan masker wajah, dapat meremajakan sel-sel kulit wajah. Sehingga wajah terlihat tetap segar, mencegah keriput dan tetap awet muda. Sementara itu, ramuan mentimun ini dapat dioleskan di permukaan kulit yang memiliki bekas selulit. Dengan mentimun akan memudarkan bekas selulit tersebut.

Membuat Tubuh Ideal

Karena mentimun kaya akan serat dan rendah kalori atau dalam 100 gram mentimun mengandung 12 kalori. Sehingga cocok untuk anda yang ingin memiliki tubuh ideal. mentimun mengandung asam malonat, yang dapat mengubah gula darah menjadi lemak.

Menyegarkan

Kandung mentimun dapat membuat kuliat anda segar. Selain itu dapat mengencangkan dan melembabkan kulit karena kandungan mineralnya. Sedangkan asam askorbat yang terkandung dalam mentimun bermanfaat menurunkan tingkat retensi air sehingga mengurangi pembengkakan pada mata.

Merawat Kuku

Selain untuk wajah, mentimun memiliki kandungan manfaat untuk merawat keindahan kuku. Karena adanya kandungan silica yang dapat mencegah kuku pecah dan rusak.

Manfaat Untuk Rambut

Kandungan silica yang terdapat pada mentimun, selain berguna untuk kuku juga sangat baik untuk rambut. Karena kandungan ini dapat menguatkan dan menyuburkan rambut.

Manfaat mentimun yang banyak ini, juga bisa anda gunakan untuk seluruh bagian tubuh anda. Caranya mudah, anda tinggal mencuci bersih mentimun kemudian potong atau lumatkan. dan dioleskan merata ke seluruh tubuh misalnya wajah, tangan, kaki. Biarkan mengering beberapa menit kemudian bilas dengan air dingin.

Bagi anda yang tertarik dengan manfaat mentimun yang banyak ini, anda dapat membeli mentimun karena harganya murah atau dapat membudidayakan mentimun sendiri. Karena menanam mentimun tidaklah sulit. Caranya ambil biji mentimun yang sudah matang. Kemudian keringkan dibawah terik matahari untuk dijadikan bibit atau benih yang akan disemai. Dengan membuat bibit sendiri, anda tidak usah repot-repot membeli benih di toko penjualan bibit pertanian.

Sekian informasi mengenai rahasia kecantikan alami istri Rasulullah SAW dengan menggunakan mentimun. Cukup mudah kan, dan tidak memerlukan waktu yang banyak. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda. Jangan lupa untuk mempraktekkan beberapa tips diatas agar dalam merawat diri anda.

×