Keberkahan Air Zamzam dan Manfaatnya – Siapa orang yang tidak mengenal Air Zamzam? Air Zamzam Tanah Suci selalu identik dengan haji dan umroh. Setiap sanak saudara yang telah selesai menunaikan ibadah haji dan umroh, tidak lupa mereka membawa Air Zamzam sebagai buah tangan. Bagi jemaah haji, Air Zamzam haji yang diperbolekan dibawa oleh setiap jemaah adalah 5 liter saja. Begitu pula Air Zamzam umroh, jumlah yang diperbolehkan juga dibatasi.

Tentunya kita sering mendengar apa itu Air Zamzam. Air Zamzam merupakan air yang keluar dari mata air yang tidak pernah mengering di Mekah, tepatnya berada di buka Marwa yang berdekatan dengan Ka’bah. Sumur Zamzam sendiri muncul karena mukjizat Allah SWT yang diberikan kepada Nabi Ismail as yang tidak terlepas dari usaha Siti Hajar istri Nabi Ibrahim as dalam mencari air hingga berlari kecil tujuh kali mendaki bukit Shafa dan Marwa. Disamping karena kemunculan sumur Zamzam yang merupakan anugerah, air yang dikeluarkan dari mata air tersebut juga menyimpan banyak khasiat.

Dalam suatu hadist hasan pada As Silsilah Ash Shahihah, Rasulallah SAW bersabda :

خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ فِيهِ طَعَامٌ مِنَ الطُّعْمِ وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ

Yang dapat diartikan “Air Zamzam merupakan air yang diberkahi, air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat dari segala penyakit.

Secara ilmiahpun juga telah terbukti bahwa kandungan senyawa pada Air Zamzam merupakan air dengan kualitas baik. Menurut penelitian dr. Hamdi Saif dari Alexandria University, Air Zamzam memiliki kandungan elektrolit seimbang dan bebas dari bakteri patogen. Disamping itu, senyawa yang terkandung di dalamnya antara lain potassium (20 mg) , magnesium (50 mg), kalsium (200 mg) dan sodium (250 mg).

Berikut beberapa manfaat Air Zamzam :

Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah dalam tubuh memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan dan konsentrasi. Oleh sebab itu peredaran darah yang terhambat akan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan keluhan lainnya. Tidak lancarnya peredaran darah pada tubuh manusia dapat dikarenakan adanya endapan lemak yang bertumpu pada suatu titik di jaringan pembuluh darah yang dapat terjadi karena pola makan yang kurang sehat dan kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga. Dengan mengkonsumsi Air Zamzam, dapat membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Namun tetap harus diperhatikan gaya hidup dan pola makan yang baik untuk mempertahankan kondisi tubuh yang sehat.

Mempengaruhi Regnerasi Sel Kulit Yang Mati

Khususnya bagi kaum hawa, kandungan senyawa yang ada di dalam  Air Zamzam mampu memberikan stimulasi kulit untuk memperbaharui sel-selnya. Regenerasi sel kulit mati akan memberikan dampak yang baik bagi kulit wajah, salah satunya adalah mencerahkan wajah dan membuat kulit menjadi lebih kenyal. Disamping itu, Air Zamzam juga sekaligus dapat digunakan untuk melembabkan kulit.

Mengobati Berbagai Penyakit

Berdasarkan hadist shahih yang disebutkan sebelumnya, Rasulallah pernah menerangkan bahwa Air Zamzam dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Adapun hadist lainnya yang diriwayatkan oleh Al – Baihaqiy, Rasulallah SAW bersabda :

حَمَلَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى الأَدَاوَى وَالْقِرَبِ وَكَانَ يَصُبُّ عَلَى الْمَرْضَى وَيَسْقِيهِمْ

Artinya :

“Rasulallah SAW pernah membawa Air Zamzam dalam sebuah wadah. Ketika ada orang yang sakit, beliau kemudian menyembuhkannya dengan air tersebut.

Adapun adab yang perlu diperhatikan ketika mengkonsumsi Air Zamzam yaitu membaca doa terlebih dahulu agar keberkahannya dalam dirasakan setelahnya. Berikut doa Air Zamzam yang digunakan sebelum mengkonsumsi Air Zamzam.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً ناَفِعاً ، وَرِزْقاً وَاسِعاً وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Artinya : Ya Allah Kami memohon kepada-Mu, ilmu yang bermanfaat, rizqi yang berlimpah, dan kesembuhan dari setiap penyakit.

Keberkahan Doa Setelah Meminum Air Zamzam

Doa yang diucapkan ketika mengkonsumsi Air Zamzam niscaya akan terkabul karena Air Zamzam memiliki banyak keberkahan yang menyertainya. Hendaknya meminta kepada Allah, Dzat Maha Pemurah lagi Maha Penyayang untuk semua masalah dan beban yang dirasakan di dunia maupun urusan akhirat nanti. Pada suatu hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, Rasulallah bersabda :

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

Artinya :

Air Zamzam sesuai dengan keinginan seseorang yang meminumnya.

Berdasarkan hadist tersebut, dapat diartikan bahwa meminum Air Zamzam sembari diiringi doa akan menjadikan doa tersebut mustajab dan insyallah akan di ijabah oleh Allah SWT.

Banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi Air Zamzam lainnya untuk jasmani dan rohani kita. Bahkan tidak sedikit pula pembuktian ilmiah yang mengakui keampuhan Air Zamzam tersebut. Namun perlu diperhatikan dalam penggunaan Air Zamzam untuk menghilangkan najis adalah makruh hukumnya. Hal itu dikarenakan Islam memuliakan air tersebut sehingga makruh jika digunakan untuk membasuh najis. Namun disisi lain, Air Zamzam tidak menjadi makruh jika digunakan untuk membasuh hadast.

Dispenser Air Zamzam di dalam Masjid Nabawi

Dari ulasan diatas, banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dengan mengkonsumsi Air Zamzam. Bagi yang hendak menjalani ibadah umroh atau haji pada tahun mendatang, selama beribadah di Mekah dan Madinah akan mendapatkan layanan Air Zamzam yang dapat dikonsumsi secara langsung. Namun untuk dibawa pulang kembali ke Tanah Air, ada batasan maksimum yang diperkenankan. Khusus untuk haji, Air Zamzam sudah dikemas dalam drigen air dan dibagikan setibanya di Indonesia. Jadi tidak heran ya mengapa jemaah haji banyak yang berupaya menyembunyikan Air Zamzam di dalam koper karena manfaatnya yang sangat luar biasa.

Semoga bacaan ini memberikan manfaat bagi kita semua.

×