Fakta Masjid Al-Aqsa – Belakangan ini telah banyak diberitakan tentang wilayah Masjid Al-Aqsa yang diperebutkan oleh Palestina dan Israel. Apa yang Anda ketahui tentang Masjid Al-Aqsa ? Sebagian besar orang pasti menjawab “Masjid Kubah Emas”. Faktanya, Masjid Kubah Emas yang selama ini diketahui banyak orang sebagai Masjid Al-Aqsa sebenarnya adalah Masjid Al-Shakhra (Dome of the Rock) yang masih berada di satu kawasan dengan Masjid Al-Aqsa. Masjid AL-Aqsa, disebut juga Bait Al-Muqaddas (Al-Quds) yang berarti  rumah suci, ialah masjid dimana Rosulullah SAW bermi’raj ke langit bersama malaikat jibril. Allah SWT berfirman:

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda – tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Qs. Al Isra:1)

 

Al-Shakhra

 

Masjid Al-Aqsa

  1. Masjid Al-Aqsa pernah dibakar

Peristiwa ini terjadi pada 21 Agustus 1969. Pelaku pembakaran diketahui berkewarganegaraan Australia bernama Denis Michael Rohan. Karena aksinya ini mimbar kuno peninggalan Shalahuddin Alayyubi musnah.

  1. Masjid Al-Aqsa memiliki mimbar legendaris

Mimbar ini sebenarnya merupakan mimbar khusus milik seorang pahlawan besar muslim bernama Noorudin Zengi. Mimbar ini memiliki bentuk yang sangat indah yang dibuat tanpa menggunakan paku atau lem. Sebelum mimbar ini sempat dipasang di Masjid Al-Aqsa, Yerussalem dikuasai bangsa Romawi. Baru setelah Yerussalem kembali dikuasai oleh tentara muslim dibawah kepemimpinan Salahudin Al Ayyubi mimbar tersebut dipasang di Masjidil Aqsa. Mimbar tersebut musnah karena peristiwa kebakaran di tahun 1969.

  1. Masjid Al-Aqsa pernah digunakan sebagai kandang, istana, dan ruang ekseskusi

Masjid Al Aqsa pernah menjadi tempat pembantaian bagi kaum muslim ketika Tentara Salib menduduki Yerussalem. Muslim yang selamat dari pembantaian kemudian di salib. Beberapa bagian masjid juga dijadikan kandang dan gereja.

  1. Imam Al-Gazali hidup dan menulis Magnum Opus – nya di Masjid Al-Aqsa

Tentunya Anda mengenal nama Imam Al Ghazali. Beliau adalah seorang ilmuwan muslim yang telah menelurkan berbagai pemikiran di dunia ilmu pengetahuan. Salah satu buku tulisan beliau yang terkenal yaitu Ahyaa Ulul Al-Din. Masa ketika menulis buku ini Imam Al Ghazali tinggal di Masjid Al-Aqsa.

  1. Masjid Al-Aqsa pernah menjadi tempat pembuangan sampah

Ketika bangsa Romawi menduduki Yerussalem dan mengusir keluar bangsa Yahudi di tahun 70 Masehi, Masjid Al Aqsa dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah. Pada tahun 636 Masehi masa Khalifah Umar bin Khatab, Yerussalem berhasil diduduki kembali oleh tetntara muslim. Pada masa inilah Masjid Al Aqsa kembali dibersihkan dari sampah.

  1. Tidak hanya satu masjid di sekitar Masjid Al-Aqsa

Al-Aqsa merupakan sebuah kompleks masjid yang terletak di Palestina Bagian Timur. Beberapa masjid lain yang berada di kompleks masjid Al-Aqsa yaitu Masjid Al Sakhra, atau yang lebih dikenal dengan Dome of The Rock (Masjid Kubah Emas), Masjid Buraq, Masjid Qibla, dan Masjid Marwani.

Mayoritas orang salah menganggap Masjid Al Shakra sebagai Masjid Al Aqsa, padahal kedua masjid ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Perbedaan keduanya terletak pada kubah masjid, dimana Masjid Al Sakhra memiliki kubah berwarna kuning keemasan yang menurut sejarah merupakan lapisan emas asli, sedangkan kubah Masjid Al Aqsa terbuat dari timah berwarna lebih kehitaman. Dari segi bentuk, kedua masjid ini pun berbeda. Masjid Al Shakra memiliki bentuk yang lebih membulat, sedangkan Masjid Al Aqsa berbentuk memanjang dengan panjang 83 meter, lebar 53 meter. Daya tampung Masjid Al Aqsa mencapai 400.000 jemaah. Bangunan Masjid Al Aqsa terletak di sebelah selatan Masjid Al Shakra.

Masjid Al Aqsa dibangun 40 tahun setelah pembangunan Ka’bah.

Dari Abu Dzar: “Aku bertanya, “Wahai Rosulullah. Masjid manakah yang pertama kali dibangun?” Beliau menjawab, “Masjidil Haram.” Aku bertanya lagi : Kemudian (masjid) mana?” Beliau menjawab, “Kemudian Masjidil Aqsa.” Aku bertanya lagi,”Berapa jarak antara keduanya?” Beliau menjawab, “Empat puluh tahun. Kemudian dimanapun shalat menjumpaimu setelah itu, maka shalatlah, karena keutamaan ada padanya.” [HR Bukhari-Muslim]

  1. Merupakan tanah pemakamam

Diyakini bahwa di Masjid Al Aqsa banyak para nabi dan sahabat Rosul yang dimakamkan. Salahs atu yang diyakini yaitu makam Nabi Sulaiman As dan sahabat nabi Salman Al Farisi.

  1. Terdapatnya Batu Isra’ Mi’raj

Masjid Al Aqsa terkenal dengan kisah perjalanan isra’ mi’raj Rosulullah SAW. Di masjid ini terdapat sebuah batu yang dipercaya digunakan oleh Rosulullah SAW untuk berpijak ketika peristiwa isra’ mi’raj.

 

Demikian ulasan mengenai Masjid Al – Aqsa. Semoga artikel ini menjadi berkah dan bermanfaat bagi kita semua.

×